Selasa, 19 April 2011

Pengalaman Melahirkan - Irene

Tanggal 22 Juli 2009

Ketika bangun pagi hari, aku bener-bener ngga ngerasa apa-apa, boro-boro kontraksi, mules... semua berjalan normal, sampai ketika di kamar mandi, menemukan ada flek (tips : flek penanda dimulainya proses kelahiran itu berwarna coklat, seperti flek setelah masa menstruasi) dan kebingungan pun mulai terjadi...

Sebagai pasangan yang baru soal hal begini, kami melaju ke RS Hermina untuk memeriksakan kandungan, pertama kalinya merasakan tidur di ruang bersalin hehe. Lalu mulailah suster melakukan CTG (tips : alat yang berbentuk sabuk dilingkarkan di perut untuk merekam kontraksi dan denyut jantung bayi, dilengkapi semacam tombol panggil suster yang harus dipencet saat bayi bergerak) selama sekitar 30 menit... hasilnya ternyata sudah ada kontraksi, tetapi masih jarang (sekitar 10 menit sekali - kok 10 menit sekali dibilang jarang ya heheheh) dan denyut jantung bayi normal.

Suster : Bu... ada mules gak?

Aku : mules tuh yang kayak gimana sus? Kayaknya gak berasa deh...

Suster : kita periksa dalam ya

Aku : Ya udah sus (baru deh sekarang berasa mulesnya.... tips : mules kontraksi itu seperti kram saat menjelang menstruasi, tetapi karena udah 9 bulan gak mens, ya udah lupa lahhhhh)

Suster : (menyemprotkan betadine dan memakai sarung tangan lalu asyik mengudek-udek)

Aku : maknyus....... baru pertama kali periksa dalam model begini... ternyata periksa dalam dengan suster / bidan memang lebih kejam heheh

Suster : wah baru bukaan satu bu, pulang aja dulu

Suami : kalo begini kondisinya, kira-kira paling cepat dan paling lambat kapan lahirnya sus?

Suster : paling cepat malam ini, paling lambat 3 hari... (gubrak...)

Aku : Masih boleh ke kantor sus?

Suster : Heh? Ya... boleh aja, kantornya deket apa jauh?

Aku : deket kok sus, masih di sunter sini juga...

Lalu jam 10 pagi, melajulah kami ke kantor masing-masing, masih tenang.... masih happy... masih sempat kerja, masih sempat update forum weddingku, masih sempat cari model rambut

Pulang kantor berasanya kontraksinya ngga nambah-nambah tuh... biasa aja...bahkan berasa melemah... jadi yah masih santai juga hehehe

Jam 19.00

Potong rambut dulu di salon deket rumah, wah payah, udah harganya mahal, hasilnya standard (kalo rambut sendiri gak boleh dibilang jelek) pula... tapi namanya dah kepepet ya udahlah apa boleh buat.

Tujuan potong rambut di sini (mengingat rambutku sudah lewat dari sepinggang) adalah supaya ndak keringetan banget dan lebih simple, ndak ada tujuan mau stop keramas selama 40 hari lhooooo

Masih sempat makan, mandi, minum susu, beres-beres barang-barang terakhir ke RS...

Jam 21.00

Mulai itung-itung jam kontraksi dibantu hubby... lho kok kayaknya makin sering neh... lima menit sekali...apakah ini tanda-tandanya...? Sekali lagi sebagai pasangan yang awam, lebih baik kita langsung ke RS hehehe...

Masih sempat siapin kamera, masih sempat angkut barang ke mobil...

Jam 22.00 (gak inget persisnya)

Meluncurlah kami kembali ke RS Hermina, prosesnya tetep sama, langsung ke kamar bersalin dan di CTG.. kontraksi memang lebih sering, tetapi......

Suster : Bu, masih bukaan satu... tapi jantung bayinya cepet banget...(alat menunjukkan denyut jantung bayiku 170 - 200 sedangkan normalnya adalah 130 - 150), Dokter Dewi bilang, Ibu diinfus dulu ya, nanti kita ulang lagi CTGnya, biasanya kalau begini udah gak bisa pulang lagi, Bapak daftar kamar dulu yah...

Aku : iya deh suster...(sebenarnya saat ini aku berasa, si baby memang gelisah terus, geliat sono geliat sini, gak bisa tidur seperti mamanya...gak heran si kalo jantungnya cepet banget...)

Singkat cerita, semalam pertama di RS, semua berjalan biasa saja, ada kontraksi tetapi tidak sampe gimana-gimana sih... masih bisa diatasi hehehe.. Kalau tidak salah dicek lagi sekitar subuh, masih bukaan 3 (yepp.... gak semua seindah di buku cerita...)

Semakin lama... memang semakin bener-bener nyata sakitnya, pertama-tama masih mau jaim, aduh2 pelan-pelan aja... masuk jam 9... sakitnya udah lumayan luar biasa... yang bisa kulakukan hanya mencengkram jaket hubby keras-keras sambil mengaduh2 minta tolong (volume masih pelan lhoooo). Yang payah mah kebocoran suara dari ruangan sebelah, di mana pasien sebelah udah mulai teriak-teriak gak keru-keruan : MOMMMYYYYYYY DADDDYYYYYYYY TOLONGGGGGGGGGG GAKKK TAHANNNNNNNNN

Aku : suster, itu kenapa sih suster?

Suster : Iya itu udah bukaan 7, tapi nyerah akhirnya caesar...

Aku : pias..... pucat... pasi...

Masuk jam 11... masih sempat dibilangin sama Mama dan Hubby : 'yuk jalan-jalan aja ke kamar bayi biar gak bosen dan biar cepet terbuka'... baru melangkah keluar dari kamar bersalin ke meja suster... aku langsung peluk Hubby dan bilang gak tahan... gak mau jalan-jalan.. mau masuk kamar aja....

Lalu mulailah teriakan-teriakan horor kembali... tapi kali ini dari kamarku sendiri hahahaha, iya, sudah runtuh imageku yang mau menjalani persalinan dengan tenang dan senyum... sudah lupa semua teori di buku Natural Childbirth The Bradley Way (pinjaman dari Ci Lie Phing - di mana di buku itu, sambil kontraksi pun masih bisa angkat telepon wekssss), sudah lupa cara napas tarikkkkkkk buangggg....... yang ada cuma :

Aku : Suster suster sakit suster .... gak tahan... suster... mana obat penghilang sakitnya (duh... mustinya gak pake gini-ginian...)? Kok gak berasa apa-apa obatnya susterrrr?

Suami : Mau caesar aja?

Aku : cuma bisa diem, abisnya kalo caesar juga... sia-sia donk udah kesakitan begini...

Suster : ini udah bukaan 7 bu, bentar lagi kok, tahan yah...nahhhh ini dokternya udah dateng...

Begitu lihat Dokter Dewi dateng, ada rasa tenang juga sedikit dan langsung aku ngadu : dokter sakit banget... (ya iyalah....cape deeee)

lalu Dokter ambil posisi di sebelah kanan dekat kakiku, sementara mamaku ambil posisi di sebelah kiri, dan suamiku di depan menggenggam tanganku...

Suster : Bu... ya sekarang udah boleh ngeden, nanti kalau sakitnya datang lagi, ngeden ya bu. Ingat kan yang diajarin di senam hamil?

Aku : udah menceracau gak jelas ngomong apaan deh...

Tiba-tiba terlihat sesosok laki-laki berbaju putih.... (nah lho...)

Aku : itu ada laki-laki siapaaa?

Suster : itu dokter anaknya bu...

weleh-weleh.... kirain siapa wekekekek

Aku : aduh sakit nih....

Suster : yuk ngeden bu, ngeden... kakinya diangkat donk....

Aku udah bener-bener gak kuat ngangkat kaki sendiri...

Suster : bu... ITU KAKINYA DIANGKAT! JANGAN DOKTERNYA DITENDANG-TENDANG....

Aku cuek.... bis dah ngga kuat gimana...?

Aku : suster, sinian donk (ada suster yang akan dorong baby dari atas, dia nangkring di sebelah kiri tempat tidurku sejajar dengan bahu), aku mau nyender

Dokter : Eh bu, jangan tidur lho, kalo tidur anaknya saya vacum lho!

Weeeeeee langsung deh melek aku, sebisa mungkin jangan di vacum-vacum deh...

Dokter : Itu udah keliatan tu kepalanya... ayo dorong2...

Semua bilang tinggal dikit lagi tinggal dikit lagi... apanya yang tinggal dikit..... lha masih terus disuruh ngeden2 kok...

Dokter : ayo buuuuuu tahan yang lamaaaa, ini dah mau kluar... Pak, ngapain kok motonya dari situ?!

Heheh suamiku mengambil foto dari sisi kaki yang mengangkang... padahal dia cuma mau ambil foto kepala babyku keluar...

Tiba-tiba seperti orang yang mau pup sebesar-besarnya... aku ngeden sekuat-kuatnya dan selama-lamanya....akhirnya... Flop.... Plung... (gak gitu juga si bunyinya)... serasa hilang semua rasa sakit...

Aku : mana.. mana... kok gak nangis?

Dokter : Iya ini disedot dulu...

Baby : owe owe owe (dah gak inget si nangisnya kayak apa...)

Puji Tuhan... lega bukan kepalang.... setelah itu langsung IMD... tapi bingung juga si kaerna baby langsung diarahkan ke daerah puting, tapi tetap aja amazing... dia bisa angkat-angkat kepala kecilnya mencoba-coba menghisap puting....

Kami bertiga berkumpul... mengucapkan terima kasih pada Yesus...

Hubbyku sempat hampir nangis lho... terharu... amazing... unbelievable!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar